‘The Darkside series’ part 2 : Negara Perancis dan Tenaga Nuklir


perancis? ada apa dengan perancis? emang ada hubungannya perancis sama nuklir? kenapa harus nuklir? kenapa banyak tanya? lihat sini jawabannya!

Negara Perancis dengan menara Eiffelnya yang romantis ternyata tersembunyi aib yang bisa membuat Sumanto menangis. Ada udang dibalik bakwan. Ada bakwan dibalik udang.

Apa hubungannya udang sama nuklir? emangnya ada bakwan isi nuklir? kok orang-orang perancis seleranya aneh-aneh sih? . Simpan dulu pertanyaan anda di dalam kepala anda.

Sebelum ke isu utama, lihat gambar ini dulu :

lihat siapa juragannya nuklir, maksud saya tenaga nuklir, dia bernama ‘france’ yang bahasa lokalnya perancis. Sehebat apakah tenaga nuklir? jawabannya hebat sekali, energi yang dihasilkannya menggunakan satuan MILLION ELECTRON VOLTS ( MeV ) <*million? million teh artinya ‘ribu’> , tidak seperti reaksi kimia biasa yang besar energinya hanya beberapa elekton volts ( eV ). Tenaga yang mahadahsyat ini membuat para scientist penasaran pada waktu dulu dan alhasil sampai hari ini banyak reaktor nuklir yang tersebar di penjuru dunia….

REAKTOR NUKLIR? reaktor nuklir adalah semacam pembangkit listrik yang sumbernya dari tenaga nuklir (baca : PLTN). Singkatnya cara kerja reaktor nuklir adalah menjinakkan tenaga nuklir, yang asalnya merusak menjadi bermanfaat.

Pada tahun 1970, terjadi krisis minyak global yang membuat beberapa negara mengalami kesulitan ekonomi dan energi. Salah satunya adalah Negara Perancis. Negara Perancis tidak tinggal diam untuk mengatasi masalah ini, ia memilih opsi untuk membuat reaktor nuklir sebagai energi alternatif, dan hari ini telah menjadi energi pemasok utama dengan persentase 78.8% pemakaian energi listrik oleh tenaga nuklir.

Ada 59 reaktor nuklir di 20 lokasi yang berbeda dan itu tersebar di seluruh penjuru negara Perancis, dan itu tidak membuat Perancis takut. Bahkan saking banyaknya reaktor nuklir yang dimilikinya, membuat Perancis mengekspor energi listrik tersebut ke beberapa negara seperti Italia, Belgium, Jerman, dan Inggris.

Pertanyaannya, apakah pembuatan reaktor nuklir itu tindakan yang salah? bagi Negara Perancis, pembuatan nuklir tidak terlalu salah juga, karena keadaan alam di Perancis tidak sekaya di negaraku (lovely Indonesia), kalau kita nanya ke orang-orang bule perancis tentang reaktor nuklir mereka, mereka biasanya menjawab : ” we have no oil, no coal, no choice”. Hal ini juga didukung sama para ilmuwan legendaris dari Perancis, diantaranya Henri Becquerel, Marie Curie, Pierre Curie, dan Joliot Curie; yang semuanya para penemu seluk-beluknya tenaga nuklir.

Selain itu bagusnya reaktor nuklir juga , dia tidak seperti pembangkit listrik tenaga fossil yang mengeluarkan gas CO2 yang merusak lingkungan, kalau kamu lihat asap yang keluar dari reaktor nuklir sama sekali tidak berbahaya, karena itu hanyalah uap air ! . Memang asap reaktor nuklir tidak berbahaya, tetapi limbahnyalah yang berbahaya ! dalam setiap proses reaksi fisi di reaktor nuklir membuang limbahnya yang masih bersifat radioaktif, dan limbah tersebut harus dibuang jauh-jauh! kalo enggak akan meradiasi makhluk di sekitarnya. Limbah radioaktif inilah yang membuat reaktor nuklir begitu kontroversial dan sering dikecam, terutama sering dikecam oleh greenpeace.  Apa reaksi kita atas negara Perancis yang memiliki 59 reaktor nuklir? rasa salutkah? atau rasa sedih? saya pribadi karena calon mahasiswa teknik lingkungan (amin!) merasa sedih gitu..

Apalagi katanya di Indonesia ini di iklan banyak beredar bahwa Indonesia siap memiliki reaktor nuklir. Apa pendapat anda?

  1. nuklir itu aman kalo penangannnya tept.
    nuklir jdi solusi jika d bndingkn minyk bumi tw btu bra

    • hem betul pisan kang darul, asalkan pekerja di reaktor nuklirnya unggul dan gak ceroboh, bisa menghindari atau meminimalisir dari kecelakaan saat bertugas

    • echi
    • March 28th, 2011

    ga setuju,nantinya akan merugikan qta smu!!!!!
    Bhaya…Bhaya

  2. goodlah kalau dipakai untuk pembangkit listrik.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s