Apa itu : Massa Kritis, Reaksi Fisi, dan Reaksi Fisi Berantai?


Massa Kritis, Reaksi Fisi, dan Reaksi Fisi Berantai merupakan istilah yang dipakai dalam pembahasan transmutasi Reaksi Inti/Nuklir/Nuklida.
Dalam proses reaksi inti, terjadi perubahan susunan inti atom (bukan elektron pada kulit atom) yang disertai pembebasan energi dalam jumlah yang sangat besar. Tujuan pembebasan energi adalah untuk mencapai keadaan inti atom yang lebih stabil. Nah, pertanyaannya kok bisa gak stabil? itu dikarenakan semua zat yang memiliki isotop di atas 83 kurang mempunyai isotop yang tidak stabil alias bersifat radioaktif.

Pada perubahan susunan inti atom, atom inti akan menstabilkan dirinya sendiri dengan cara membelah menjadi dua inti ukuran sedang (lebih kecil dari ukuran semula) sekaligus mengorbankan beberapa neutronnya untuk terlontar keluar. Itulah yang disebut dengan REAKSI FISI. Reaksi fisi ada yg spontan ada yg tidak. Reaksi fisi yg tidak spontan adalah reaksi nuklir yang terjadi pada inti yang stabil, lalu membuatnya tidak stabil dengan cara ‘mengusiknya’ , seperti reaksi 235U berikut ini :

Atau kalau ingin lebih gampang lagi ilustrasinya, kayak bola biliar yang saling berdesakan   lalu ada bola biliar lain yang ‘mengusiknya’ (anggap bola ini sebagai neutron) kemudian inti atom akan terbagi menjadi 2 bagian yang lebih stabil dari keadaan sebelumnya (belum tentu sudah benar-benar stabil)dan tentunya karena gangguan neutron tadi, ada neutron dari inti yang keluar (terlontar). Ketika bagian yang telah terbagi belum stabil juga, maka inti atom akan terus menerus bereaksi fisi sampai inti atomnya stabil, berbarengan dengan neutron-neutronnya yang terlontar ‘mengusik’  inti lain di sekitarnya dan ikut-ikutan berreaksi fisi. Bayangkan bila inti atom itu terus-menerus berreaksi fisi, maka energi yang dibebaskannya pun semakin banyak dan tak terkendali alias MELEDAKK!! dan keadaan inilah yang disebut dengan REAKSI FISI BERANTAI. Lalu kalau terus menerus bereaksi… KAPAN BERHENTINYA??! ,  berhentinya pada saat massa unsur radioaktifnya sudah mencapai MASSA KRITIS atau bahasa lainnya ketika inti atom sudah tidak punya tenaga lagi untuk bereaksi fisi karena massa unsurnya yang sedikit setelah terbagi-bagi. Jadi secara umum Massa Kritis itu adalah massa minimum radioaktif yang memungkinkan terjadinya Reaksi Fisi Berantai.

 

YANG BELUM MENGERTI SILAKAN TANYA…


    • aulia
    • October 28th, 2010

    gejala gejala apakah yg ditimbulkan jika senyawa tsb mengalami reaksi fisi atau reaksi fisi berantai ?

    • gejalanya yaitu senyawa tsb memancarkan radiasi, contohnya foton (sinar alfa,beta,gamma) dan neutron.. senyawa yang memiliki massa yang besar, ketika terjadi peluruhan akan mengeluarkan energi yang besar pula, dan saat itu juga terjadi reaksi EKSOTERMIS alias menghasilkan panas di lingkungannya.. contohnya, secara kasat mata kita melihat reaksi eksotermis tsb sebagai ledakan bom atom .

      Postingan kami tentang radiasi yg lebih spesifik ada di link ini : https://imperfectionists.wordpress.com/2010/10/28/peluruhan-radioaktif/

      semoga membantu🙂

  1. Apa yang dimaksud dengan reaksi fisi berantai terkendali dan tidak terkendali, apa perbedaan dari ke dua-nya…?

  2. tapi udah paham kan arti dari reaksi fisi berantai? kalo reaksi fisi berantai tidak terkendali artinya reaksi fisi berantai yang bersifat destruktif, karena dibiarkan saja terus menerus bereaksi fisi, contohnya bom nuklir. kalo reaksi fisi berantai terkendali artinya reaksi fisi berantai yang digunakan energinya untuk listrik dll. contohnya PLTN kan reaksi fisi itu menghasilkan energinya sampai MeV kan? (million electron volts) para ilmuwan memanfaatkannya untuk sumber energi lewat PLTN

  3. mengapa pada reaksi fisi dapat melepaskan energi yang besar dalam waktu yang singkat?

      • fajarrawrrr
      • August 17th, 2011

      hemm karena reaksi fisi yang lain terjadi lagi di sekitar reaksi fisi yg pertama.. kayak main domino, ketika kamu menggerakkan kartu domino yang pertama, kartu yang lain juga bergerak KARENA SALING BERDEKATAN.. Partikel2 di sekitar juga kita bukannya saling berdekatan? walaupun di udara bebas partikel2 nya melayang-layang, karena reaksi fisi, jarak antar partikel tidak berpengaruh karena energi yg diberikan kepada bagian partikel yang ‘loncat’ sangat besar (Reaksi Inti/Nuklir).
      hemm semoga bermanfaat🙂

    • gapri77
    • January 29th, 2012

    apa bisa bahan peledak konvesional melampaui massa kritis dan meledak tanpa detonator,seperti teknik reaksi fusi termonuklir?apa ada pengaruh ya..

    • efrika
    • December 9th, 2012

    bagaimana karakteristik fisi nya ?

    • karakteristik fisi yg gimana maksudnya? pertanyaannya kurang jelas mbak..

    • edwin
    • December 10th, 2012

    apa yang dimaksud reaksi inti?

    • reaksi inti adalah reaksi yang dilakukan oleh proton dan neutron. sedangkan reaksi kimia adalah reaksi yg dilakukan oleh elektron.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s