THE DARK SIDE OF RADIOACTIVE part 1


Rasa paranoid manusia terhadap radioaktif, terutama nuklir tidak diragukan lagi. Seluruh dunia mengecam orang-orang yang mempergunakan nuklir baik untuk pemanfaatan energinya maupun dalam militer, karena hampir semua orang tidak menginginkan kehadiran energi nuklir tersebut.

Energi Nuklir merupakan reaksi yang sangat besar dan bukan reaksi kimia biasa, namun sayangnya energi yang maha dahsyat ini diperkenalkan kepada umat manusia berupa bom atom yang menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, sehingga dari awal pun mindset orang-orang akan ‘mencap’ negatif dan berbahaya terhadap yang namanya reaksi nuklir.

1. NUCLEAR’S FIRST BLOOD


Akiko Seitelbach, seorang wanita yang selamat dari bom atom di kota Nagasaki pernah bercerita tentang kejadiannya :

” Pada tanggal 9 Agustus 1945, seperti biasanya saya bekerja di perusahaan Mitsubishi sebagai supply officer.
Aku merasa sedikit lelah, jadi aku bangun untuk meluruskan kaki saya lalu saya memandang ke jendela besar yang menghadap ke pelabuhan Nagasaki. Pemandangan yang begitu indah, matahari bersinar cerah, melihat hiruk-pikuk orang-orang di tepi pantai. Lalu tiba-tiba aku melihat kilatan cahaya, menyambar begitu saja, kemudian atasanku berteriak ” Menjauhlah dari jendela itu! “. Secepat mungkin aku berbalik dan mencoba untuk berjalan kembali ke meja kerjaku.
Tiba-tiba kantorku terbentur oleh suatu kekuatan besar, sangat besar. Kemudian saya tiarap dan menutupi wajahku dengan tangan, barang-barang jatuh ke badan dan kepala saya. Kantor masih bergetar selama beberapa menit, udara dipenuhi oleh debu-debu yang tajam dan berwarna kuning. Ketika semuanya berhenti, saya lari ke lantai bawah untuk mencari orang yang selamat. Aku merasakan sesuatu yang berbeda dan aneh, suasana terlihat terlalu menyilaukan dimana-mana. Ternyata tidak ada satupun yang selamat. Kemudian saya berlari ke tempat yang lebih aman dan tertutup di gedung ini, supaya terjauh dari udara yang berdebu ini. Ketika berada di tempat tersebut ternyata masih ada orang yang bersembunyi disitu, kemudian atasanku menghampiriku dan berkata ” Oh kamu selamat! ” . . .

 

Kutipan tersebut menceritakan orang-orang yang selamat saja, padahal dalam cerita selanjutnya diceritakan betapa berantakannya keadaan di luar gedung dan banyaknya orang-orang yang teriak kesakitan dengan tubuh yang terbakar. Sejak hari itu, Amerika disegani banyak negara sekaligus dikecam karena perbuatannya yang melampaui batas. Banyak yang mengatakan bahwa bom nuklir tersebut bukanlah sekedar kejahatan perang (war crime), tetapi juga kejahatan terhadap kemanusiaan (war against humanity) karena kekuatannya yang dapat memusnahkan spesies manusia.

Bom atom (nuklir) yang dipakai Amerika untuk memaksa Jepang untuk menyerah, adalah menggunakan berkilo-kilo uranium dan plutonium yang radioaktif. Ketika bom atom meledak, terjadi reaksi fisi berantai yang berkelanjutan dimana neutron hasil reaksi fisi menyebabkan reaksi fisi berikutnya. Contoh reaksi fisi dari U-235 (hasil/produk dari reaksi fisi tidak selalu sama) :

235U + 1n –> 142Xe + 90Sr + 4 1n
–> 142Ba + 91Kr + 3 1n
–> 144Cs + 90Rb + 2 1n

Fisi dari U-235 menghasilkan sekitar 30 macam inti sedang, 6 diantaranya dutinjunkkan pada contoh di atas. Reaksi fisi berantai yang dipakai untuk bom atom terjadi apabila massa unsur radioaktifnya melampaui batas minimum massa unsur radioaktif atau biasa disebut dengan Massa Kritis.


TO BE CONTINUED…

    • ima nursaadah
    • October 14th, 2010

    kenapa daereh di sekitar bekas pemboman di hirosima dan nagasaki tidak boleh di huni?? ada efeknya ya??
    tolong jelasin ya..
    makasihh

  1. sampai hari ini kota hiroshima&nagasaki udah kayak kota2 biasa lagi kok, disana ada rumah, kantor, restoran, dll. .Berdasarkan sejarah, pada tanggal 6 agustus 1945 sampai akhir tahun 1945, tercatat ratusan ribu orang meninggal dan ratusan orang luka berat (sindrom radiasi akut), dan beberapa tahun setelahnya Jepang telah mencoba untuk bangkit kembali.

    Sebenarnya efek dari radiasi itu sendiri suatu saat akan hilang, dan katanya banyak orang jepang yg tidak mau menghuni kota2 tersebut bukanlah karena efek dari radiasi, melainkan efek dari psikologis mereka yang sudah paranoid sekali dengan tempat itu. (http://artsci.wustl.edu/~copeland/atomicbomb.html)

    semoga membantu :))

  2. uranium dan plutonium di situ termasuk zat radioaktif apa?

    • Uranium dan plutonium di situ berperan sebagai pembunuh kota nagasaki🙂

      jadi gini, zat di tabel periodik yg bernomor massa lebih dari 83 itu nukleusnya tidak stabil, uranium dan plutonium itu termasuk dari yg tidak stabil itu…

      lebih jelasnya liat thread kami sebelumnya : https://imperfectionists.wordpress.com/2010/10/01/

      intinya si plutonium dan uranium itu memengaruhi zat di sekitarnya supaya ikut2an tidak stabil, sehingga tidak lama kemudian terjadi ledakan… jadi begitu mas alkali..

  3. Отличная статья! большое спасибо автору за интересный материал. Удачи в развитии!!!🙂

    http://www.miriadafilms.ru/
    Военные скачать

    • Благодарю вас за комплимент, только ждать THE DARKSIDE OF RADIOACTIVE part2 Более интересным, чем предыдущий🙂

  4. Part 2 nya mana gan ??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s