Kegunaan Radioisotop part 2


kalo kalian udah baca yang part I nya,pasti mau tau kelanjutannya kan. Baca disini.

( link kegunaan radioisotop part 1 : http://imperfectionists.wordpress.com/2010/10/17/kegunaan-radioisotop/ )

A. Pemanfaatan radioisotop pada industri pengawetan makanan dan dalam pertanian

Radiasi sinar gamma dapat digunakan pada pengawetan makanan melalui dua cara:

  1. Membasmi mikroorganisme, misalnya, pada pengawetan rempah-rempah, seperti merica, ketumbar, dan kemiri.
  2. Menghambat pertunasan, misalnya untuk pengawetan tanaman yang berkembang biak dengan pembentukan tunas, seperti kentang, bawang merah, jahe, dan kunyit.
  3. Radioisotop juga dapat digunakan dalam upaya pemberantasan hama. Kok bisa ya? hahai, itu disebabkan karena radioisotop dapat meradiasi sel-sel kelamin hama jantan sehingga mandul. Nah,udah gitu hama jantan yang mandul dilepas kembali jadi hama betina ga bisa berkembang biak.
  4. Untuk pembuatan bibit unggul, radioisotop ini digunakan untuk memicu terjadinya mutasi pada tanaman. Mutasi ini diharapkan dapat diharapkan dapat diperoleh tanaman dengan sifat-sifat yang menguntungkan, misalnya padi yang lebih tahan terhadap hama dan memiliki tunas lebih banyak.

B. Pemanfaatan radioisotop  dalam bidang hidrologi

Dalam bidang ini, radioisotop digunakan untuk menguji kecepatan aliran sungai atau aliran lumpur. Nah, radioisotop ini digunakan untuk mengukur debit air.

 

C. Pemanfaatan radioisotop dalam bidang biologi

  1. Mempelajari proses penyerapan air serta sirkulasinya di dalam batang tumbuhan.
  2. Mempelajari pengaruh unsur-unsur hara selain unsur N,P, dan K terhadap perkembangan tumbuhan.
  3. Memacu mutasi gen tumbuhan dalam upaya mendapatkan bibit unggul.

 

D. Pemanfaatan radioisotop untuk pembangkit tenaga listrik

Reaksi inti menghasilkan energi yang sangat besar. Pada PLTN energi ini digunakan untuk memanaskan air sehingga terbentuk uap.

Kemudian, uap ini digunakan untuk menggerakkan turbin.

Pergerakan turbin merupakan energi mekanik yang dapat member kemampuan generator untuk merubah energi mekanik  tersebut menjadi energi listrik.

 

Nah ,gimana temen-temen banyak banget kan kegunaan radioaktif disekitar kita.

About these ads
    • faizah
    • November 9th, 2010

    @nida mujahidah yang jadi admin : kalo penggunaan radioisotop dalam bidang farmasetika ada ga? hayo hayo hhe

  1. hahahaha,saudari nida.AYO JAWAB

    • nidamujahidah
    • November 13th, 2010

    ada. diantaranya adalah untuk menunjang diagnosis berbagai penyakit seperti jantung koroner, penyakit kelenjar gondok, gangguan fungsi ginjal, menentukan tahapan penyakit kanker dengan mendeteksi penyebarannya pada tulang, mendeteksi pendarahan pada saluran pencernaan dan menetukan lokasinya.

    • Aldhi
    • November 14th, 2010

    yang hidrologi, itu gimana ya prosesnya?

  2. huwa….
    nidaku sayang……

    seneng deh

    aku lagi ngerjain tugas fisika bab radioaktif, radioisotop dll.

    terus bingung nyari sumbernya..
    terus inget kalo nida dkk bikin blog ini..

    wah. semuanya ada………..
    makasih yaa nida dan kawan2!!

    cinta kalian! <3

      • nidamujahidah
      • January 3rd, 2011

      urfa :)
      iya sama sama urfaku.
      seneng deh bisa bantu urfa.
      insya allah aku penuhi requestnya yah.

      makasih udah commnet fa :)

  3. senag sekali mengetahui itu!

    • Widuri putri iinnocent
    • January 24th, 2012

    , alhmdulillah , jd bs tw kalo trnyata bnyk bgd kegunaan dr radioaktif.. :D

    • Anna’Sahabat Selamanya’
    • February 6th, 2012

    Terimakasih ka’ bwat info ttg kegunaan radioisotop’a. . !
    Izin c0py y, . . Bwat catatan d’sekolah. . .

  1. November 3rd, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.